Tutorial Drupal : Instalasi Drupal 7 di Localhost Server

Melanjutkan tulisan saya kemarin mengenai Pengertian Drupal dan Sejarahnya disini saya akan menjelaskan bagaimana menginstal Drupal di localhost Linux untuk installer Drupalnya sendiri saya menggunakan Drupal versi 7 sebagai contohnya. Untuk pengertian dan sejarah Drupal sendiri sudah sempat saya bahas di sini jadi saya tidak perlu menerangkan lagi apa itu Drupal. Ok, langsung saja masuk ke pembahasan.
  1. Sebelum kita menginstall Drupal kita harus mendownload Drupal itu sendiri di situs resmi Drupal dan Anda dapat mendownload dile Drupalnya langsung klik disini setelah itu Anda extract file tersebut dengan menggunakan perintah :
    tar zxvf drupal-7.0.tar.gz
    Kemudian Anda pindahkan ke direktori dalam root dokumen web server Anda atau direktori public_html Anda menggunakan perintah berikut, mengganti drupal-7.0 (dokumen web server Anda atau direktori public_html Anda berada pada /var/www/.)
    mv drupal-7.0 /var/www/
  2. Siapkan dulu database yang akan digunakan. Disini saya menggunakan MySQL sebagai databasenya (baca disini tentang LAMPP) disini saya membuat satu nama database yaitu theo_drupal7 Anda dapat melakukan ini dengan baris perintah atau melalui phpMyAdmin (atau antarmuka web).
    mysqladmin -u username -p create databasename
    Di mana 'username' adalah pengguna MySQL yang memiliki hak istimewa dan GRANT CREATE. MySQL akan menanyakan untuk 'username' password database. Selanjutnya Anda harus mengatur hak akses database. Login ke MySQL:
    mysql -u username -p
    Pada prompt MySQL, ketik:
    GRANT SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, CREATE, DROP, INDEX, ALTER, 
    CREATE TEMPORARY TABLES, LOCK TABLES ON databasename.*
    TO 'username'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
    dimana: 'Databasename' adalah nama database Anda 'Username' adalah username MySQL Anda akun 'Localhost' adalah nama server yang digunakan untuk mengakses MySQL 'Password' adalah password yang diperlukan untuk username
    Jika berhasil, MySQL akan menjawab dengan:
    Query OK, 0 rows affected
  3. Untuk menjalankan script installasi, buka browser Anda dan ketikkan dialamat url Anda (misalnya http://www.contoh.com, http://www.contoh.com/drupal atau http://localhost/drupal7) sesuai dengan nama direktori Drupal Anda di /var/www. Maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut ini :


Dan Anda akan diperhadapkan antara 2 pilihan yaitu standard/minimal, disini saya memilih yang standard. Setelah itu Anda klik Save and continue.
Langsung klik Save and continue saja.
Biasanya setelah langkah yang kedua Anda akan mendapatkan masalah seperti ini, dimana Anda harus membuat direktori files di dalam direktori /sites/default dan terdapat masalah lagi Anda harus mengcopy files default.settings.php menjadi settings.php.
Anda dapat memperbaikinya dengan cara menggunakan perintah sebagai berikut. Buka terminal Anda dan ketikkan perintah ini :
cd [nama_direktori_drupal]/sites/default
mkdir files
cp default.settings.php settings.php
chmod 777 files settings.php
Maka masalah tersebut sudah terperbaiki.
Kemudian Anda akan masuk ke bagian Database Configuration.
Masukkan Database Name, Database Username, dan Database password Anda.
Anda dapat mengisinya sesuai dengan database yang sudah Anda buat tadi (contoh saya dapat Anda ganti).
Jika settingan Anda benar, maka Anda akan menuju ke proses instalasi Drupal. Tunggu sampai beberapa detik.
Setelah itu Anda isi configure site Anda dengan memasukkan email, sitename, administrator dan password.
Jika bagian ini sudah selesai maka proses instalasi Drupal7 ini sendiri sudah selesai dan Anda sudah dapat menggunakan dan mengaturnya.
Berikut ini adalah tampilan Drupal 7 ketika proses instalasi selesai dan berhasil.
Demikian penjelasan dari saya mengenai instalasai Drupal 7. Cukup mudah bukan? kalau Anda mengalamai kesulitan pada saat proses instalasi ini, silahkan jangan ragu untuk bertanya saya akan berusaha membantu Anda. Terima kasih

Artikel Terkait Tutorial Drupal : Instalasi Drupal 7 di Localhost Server :

4 komentar

Thx,, bro buat tutorialnya. sangat mmbantu sekali, keren!!!!!

Balas

Sama-sama Nursyid, senang bisa membantu

Balas


payah kayaknya gan.. udah nyoba terutama buat cutomnya gimana ya.. muter2 katanya dari admin theme dll, gan bisa jelasin ini gak gan http://drupal.org/node/177868 singkat cerita sih pengen edit css, sama custom per post, cuma kalo kayak gini kayaknya repot, apa lebih gampang di WP or TxP ya ? saran gan ditunggu..

oia nyobanya cuma di localhost nih (theme garland 7.0)

Balas

Maaf bro hachi apakah pertanyaan Anda bisa dibuat lebih spesifik lagi mengenai "Custom per Post"? Untuk halaman ini http://drupal.org/node/177868. Sebenarnya Anda bisa membuat design apapun sesuai yang Anda inginkan dengan menggunakan themes apapun dari Drupal, entah itu garland, sky, marinelli, dll. Hal itu tergantung dari kreatifitas Anda sendiri. Termasuk dalam hal mengedit CSS dan salah satu contohnya adalah blog http://theo.piluz.org/ ini yang sudah saya rubah dan design sedemikian rupa. Anda juga dapat melakukan permintaan kepada saya untuk mengulas mengenai apa saja tentang Drupal. Entah itu modul, themes, variable Drupal, dll. Dan permintaan itu akan saya tulis di tulisan berikutnya.

Menguasai Drupal itu mudah kok, tidak sulit. hehe

Balas