Tutorial Linux : Instalasi Ubuntu 11.04

  1. Sediakan CD Installer Ubuntu 11.04 (CD Ubuntu 11.04 atau Anda bisa download di sini)

  2. PC atau Laptop, Saya sarankan untuk RAM berkapasitas 1 GB untuk kebutuhan sistem yang optimal. Di sini saya menginstal Ubuntu 11.04 dengan size harddisk sebesar 18 GB dan RAM sebesar 1 GB.
Langkah 1 Nyalakan PC / Laptop Anda yang akan diinstal Ubuntu 11.04, masukkan CD Installer Ubuntu 11.04 ke dalam CD/DVD ROM, pastikan first boot pada settingan BIOS adalah CD/DVD ROM.
Langkah2 : Welcome Tunggu proses booting yang berlangsung dari CD, hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah. Jika Anda ingin mencoba Desktop Ubuntu 11.04 klik tombol Try Ubuntu, karena kita ingin menginstal langsung, maka pilih / klik tombol Install Ubuntu.
Langkah 3 : Preparing to Install Ubuntu Akan muncul informasi mengenai persiapan untuk menginstall Ubuntu, yaitu size harddisk untuk Ubuntu 11.04 paling sedikit berkapasitas 4,4 GB, terhubung ke tegangan listrik dan kalau bisa terhubung ke internet, tapi disini saya tidak terhubung ke internet. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.
Langkah 4 : Allocate drive space Untuk membuat partisi secara manual, pilih Something else, klik tombol Forward untuk melanjutkan.
Langkah 5 : Allocate drive space Klik tombol New Partition Table untuk membuat tabel partisi baru supaya bisa dibuat partisi di dalamnya.
Langkah 6 : Allocate drive space Akan muncul pesan konfirmasi apakah kita akan membuat tabel partisi atau tidak, klik tombol Continue untuk melanjutkan.
Langkah 7 : Allocate drive space Pilih / klik pada tulisan free space untuk membuat partisi pada space harddisk yang tersedia, kemudian klik tombol Add untuk membuat partisi baru.
Langkah 8 : Allocate drive space Partisi yang pertama kali dibuat adalah partisi swap, untuk membuat partisi swap, pada tipe partisi pilih Primary. masukkan besar size partisi yang akan dibuat, karena besar RAM yang Saya gunakan adalah 1 GB, maka besar partisi swap yang Saya buat adalah 2x lipat RAM atau 2048 MB / 2 GB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih swap area. Klik tombol OK.
Langkah 9 : Allocate drive space Partisi swap telah dibuat, partisi selanjutnya yang akan dibuat adalah partisi / (baca : root). Seperti langkah sebelumnya, klik pada tulisan free space atau area size kosong pada harddsik, kemudian klik tombol Add untuk menambahkan partisi.
Langkah 10 : Allocate drive space Untuk membuat partisi / (baca : root), pada tipe partisi pilih Primary. Masukkan besar size yang akan digunakan untuk partisi / (baca : root), besar partisi yang Saya buat adalah sisa dari size Harddisk. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih Ext 4 Journaling file system. Pada Mount point, pilih / (baca : root). Klik tombol OK.
Langkah 11 : Allocate drive space Partisi yang diperlukan sudah dibuat, kemudian klik tombol Install Now untuk melanjutkan ke langkah proses instalasi Ubuntu 11.04.
Langkah 12 : Where are you? Pilih area di mana Anda berada, karena Saya ada di Indonesia, maka Time zone yang Saya gunakan adalah Jakarta. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.
Langkah 13 : Keyboard Layout Pilih layout keyboard yang digunakan, keyboard yang biasa digunakan orang pada umumnya adalah keyboard QWERTY atau standar USA. Kemudian klik tombol Forward untuk melanjutkan.
Langkah 14 : Who are you? Langkah terakhir untuk proses setup instalasi Ubuntu 11.04 adalah membuat username untuk login di Ubuntu 11.04. Masukkan nama Anda, nama komputer Anda, username dan password. Kemudian klik tombol Forward untuk melanjutkan.
Langkah 15 : Proses Instalasi Ubuntu 11.04 Proses instalasi Ubuntu 11.04 lumayan memakan waktu yang cukup lama.
Langkah 16 : Completing Installation Proses instalasi Ubuntu 11.04 sudah selesai, klik tombol BORDERCOLOR=Restart Now, untuk merestart komputer Anda.
Langkah 17 : Login Ubuntu 11.04 Tampilan Login Ubuntu 11.04, masukkan password sesuai username yang telah dibuat sesuai langkah ke 14. Kemudian klik tombol Login.
Tampilan desktop Ubuntu 11.04 ketika live dari CD
Sekian penjelasan dari saya, jika Anda merasa kesulitan ketika menjalankan proses instalasi ini? jangan ragu untuk bertanya melalui fasilitas komentar yang sudah disediakan.
Terima kasih, Theo

Artikel Terkait Tutorial Linux : Instalasi Ubuntu 11.04 :

8 komentar

avatar
setya agung kurniawan


thanks tutorial'y om,,

saya mw nanya donk,,

laptop saya kan udah pake windows 7, trus saya coba instal ubuntu dalam windows (otomatis dual booting) dan berhasil. trus minta restart, trus saya login ke ubuntu. pas udah masuk, saya coba putar salah satu lagu dan video. tpi koq gk bisa ya,,

Balas

Hallo, mas Setyo. Terima kasih sudah berkunjung. Saya ucapkan selamat karena ubuntunya sudah terinstal dengan baik :). Yup, ketika kita sudah selesai menginstal bukan berarti kita dapat memutar film, audio, menggunakan apache, phpmyadmin, dsb. Dikarenakan kita hanya menginstal OS'nya saja. Sedangkan package'nya belum terinstal. Nah, kalau masalah Anda tadi solusinya adalah. Melakukan download package untuk audio dan film. Caranya :

1. Pastikan laptop/pc Anda terhubung dengan internet atau Anda mempunyai DVD repo ubuntu sesuai versi ubuntu Anda.
2. Klik file audio/film yang anda di laptop Anda.
3. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang menerangkan bahwa package audio belum terinstal.
4. Ada dua pilihan, search atau cancel.
5. Anda pilih search dan lakukan download dari kotak dialog tersebut.

Kiranya penjelasan saya dapat membantu Anda mas Setyo Agung Kurniawan.

Balas
avatar
setya agung kurniawan


tpi om, saya tdak punya DVD repo atau smacam'y !!! coz OS punya saya, hnya berupa file ISO yg saya download dri internet. dan jga maaf om saya kurang mngerti dgn istilah apache, phpmyadmin, package. mhon pnjelasannya

sblumnya thanks...

Balas

Kalau tidak ada DVD repo, pastikan PC atau Laptop Anda terhubung dengan internet untuk mendownload package tersebut.

Silahkan baca disini http://theo.piluz.org/tutorial_linux_menginstall_lampp_di_ubuntu.html

Balas


Baguss-bagusss ubuntu serial 11.04..

tapi gimana dengan office+wirelessnya.....

aplikasi yg ada di windows bsa ap tidk klo kt mau pindahin ke ubuntu ini

Balas

Kalau Office disana sudah disediakan, nama softwarenya adalah Libre Office dan untuk wireless biasanya sudah auto detect. Kalau pengen install aplikasi windows Anda bisa menambah software lagi yang namane Wine atau bisa menggunakan Virtual Box.

Terima kasih

Balas

salam kenal om.
saya baru lulus SMA n ini mau lanjut kuliah
terimakasih banyak OM...
penjelasannya sangat detail sekali.
saya tertarik utk belajar linux
:)

Balas

Salam kenal juga Stefanus :)

Saya juga senang mendengar Anda tertarik untuk belajar tentang Linux. Jangan pernah takut untuk mencoba. Kalau Anda punya masalah seputar Linux, jangan ragu untuk bertanya ataupun share disini. Sebetulnya saya masih punya banyak stock tulisan tentang Linux tetapi berhubung dengan kesibukan saya, saya belum bisa menguploadnya. Terima kasih

Balas