Backup data, penting gak sih?

Sering saya mendengar tentang istilah backup, backup sendiri sebenarnya apa? ada beberapa pengertian mengenai backup. Salah satunya saya ambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Backup dan kalau boleh saya menyimpulkan adalah seperti ini, "Backup adalah : pembuatan salinan data sehingga ketika sebuah sistem rusak, kita masih mempunyai cadangan yang dapat digunakan untuk mengembalikan data asli".
Anda pernah membayangkan ketika suatu saat PC/Laptop Anda crash dan semua data di dalam PC hilang, apa yang Anda rasakan? Jika PC itu hanya PC rumahan tanpa data penting, mungkin dengan mudah Anda bisa install ulang dan tidak peduli dengan data sebelumnya. Tetapi apa yang terjadi jika PC tersebut berisi data-data penting? berisi pekerjaan Anda? berisi file-file penting? dan lebih buruknya lagi, Anda tidak memiliki backup dari data-data tersebut. Ya, ini adalah mimpi buruk bagi siapapun, apalagi jika data yang hilang tersebut sangat penting dan terkait dengan bisnis yang Anda kerjakan. Untuk itu mari kita budayakan tradisi untuk membackup data. hehe
Berikut ini adalah langkah-langkah backup data yang dapat saya anjurkan :
  • Melakukan backup data secara berkala itu sangatlah penting tetapi saya menyarankan kepada Anda untuk mempunyai minimal 3 backup (wow banyak banget...), yup.. yaitu backup ke CD/DVD/Harddisk external, backup ke server atau PC lain milik Anda, dan backup ke penyedia layanan backup online.
  • Anda ingin membackup data Anda penyedia layanan backup online? sedangkan data Anda bersifat rahasia atau penting atau mungkin milik perusahaan Anda atau bos Anda. Maka saya sarankan Anda mengenkripsi terlebih dahulu data Anda tersebut dan kemudian uploadlah ke layanan backup online.
  • Anda bisa memanfaatkan software yang memiliki fungsi untuk melakukan backup data (OS, Driver) yang ada dikomputer Anda dan pastikan software backup Anda tersebut mempunyai jadwal rutin pada saat melakukan backup, sehingga jika Anda lupa melakukan backup, maka software tersebut bisa melakukan backup secara otomatis selama PC Anda.
nb : Kalau Anda menggunakan CD/DVD/Harddisk external sebagai media offline backup, pastikan disimpan di tempat yang aman, tidak lembab, dan terkunci dan yang paling penting adalah pastikan Anda memberikan label di setiap media backup Anda tersebut, hal itu bertujuaan untuk memudahkan ketika akan digunakan kembali.
Demikian penjelasan dari saya, kiranya dapat membantu rekan-rekan semua dalam backup data dan mengerti tentang pentingnya backup data. Terima kasih

Artikel Terkait Backup data, penting gak sih? :