Sinopsis Film HACKERS

Film yang disutradarai oleh Ralp Winter ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Dude Murphy dengan intelegensi luar biasa. Tahun 1988 dia ditangkap oleh pihak kepolisian kota Seattle karena dianggap telah melakukan tindak kriminal, yaitu menyebarkan virus komputer yang menyebabkan 1.507 sistem crash. Termasuk sistem perdagangan wall street, sehingga saham New York mengalami penuruanan 7 poin. Karena tindakanya ini, keluarganya didenda sebanyak $45.000 dan Dude dijadikan sebagai tahanan rumah dengan masa percobaan 7 tahun. Dia dilarang menggunakan telpon & komputer sampai usianya mencapai 18 tahun.
Tak selang lama, orang tuanya bercerai dan dude ikut bersama ibunya. Setelah berusia 18 tahun, dude dan ibunya pindah ke New York dan melanjutkan kuliah disana. Di kampus dia bertemen dengan 5 orang hackers, yaitu Joey, Cereal, Phrake, Nikon dan Kate perempuan tomboy cantik yang akhirnya menjadi pacarnya. Karena satu hobi dan sama-sama hacker, mereka saling berteman akrab.
Masalah mulai muncul ketika Joey berhasil menerobos sistem operator komputer perusahaan minyak Ellingson Mineral. Dia menyalin sebuah berkas sampah yang isinya adalah worm ke dalam disket yang dibuat Plague, salah seorang pakar keamanan komputer di perusahaan tersebut. Worm yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk mencuri uang sebanyak $25000.000 dari setiap transaksi diperusahaan, dan passwordnya dimiliki pleague dan margo wallace, yaitu kepala hubungan publik ellingson.
Oleh karena itu Joey dianggap berbahaya karena bisa membeberkan rencana jahat pleague dan margo wallace tersebut, sehingga Joey dijebak dengan dalih telah menyebarkan Virus Da Vinci ke dalam sistem kemudi otomatis kapal tanker. Sehingga 5 kapal tanker berisi minyak bisa terguling. Padahal virus itu yang membuat adalah pleague sendiri untuk mengelabuhi sistem worm. Sehingga joey ditangkap FBI. Tetapi sebelum ditangkap Joey sudah memberikan salinan berkas itu pada dude dkk. Akhirnya mereka semua dijadikan kambing hitam dan diburu FBI.
Pleague telah mengetahui semua data tentang dude dan ibunya, dia diancam jika tidak menyerahkan Disket yang berisi berkas sampah Virus da vinci tersebut ibunya akan dijebloskan kepenjara dengan cara memalsukan semua data-data diri sebagai penjahat. Akhirnya dude menyerahkan Disket tersebut, tapi dia sudah menyalinnya.
Dude berusaha mencari tahu password worm pleague dengan cara menerobos sistem gibson, resikonya para FBI dapat melacak dan langsung menyergap dalam waktu 10 menit. Setelah berhasil mengetahui semua rencana pleague, dengan bantuan razer dan blood yaitu seorang hacker elit yang bisa melakukan hacking satelit. Cereal membeberkan semua rencana jahat pleague dan margo wallace melalui siaran televisi ke seluruh dunia, yaitu sebuah virus bernama da vinci yang akan menyebabkan 5 kapal tanker ellinston mineral terguling dituduhkan pada hacker2 tak bersalah. Virus ini dibuat untuk mengelabuhi sistem worm yang digunakan untuk mencuri uang sebanyak $25.000.000 dan passwordnya dimiliki oleh pleague dan margo wallace. Akhirnya semua pihak tahu kejahatan itu, dan merekapun dijebloskan kedalam penjara selam 30 tahun.
Dari uraian sinopsis film “Hackers” diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Cybercrime yang dilakukan oleh seorang atau kelompok “Hacker”untuk tujuan pribadi atau kelompok dalam merusak sistem akan medatangkan kerugian. Pihak kepolisian akan memberikan hukuman sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Komunitas Hacker yang berkembang di suatu negara diharapkan melakukan kegiatannya tidak menyalahi etika profesi yang mereka emban. Perlunya sosialisasi sejak dini kepada anak-anak dan generasi penerus bangsa untuk menjadi Hacker Sejati yang tau akan etika, rambu-rambu dalam menghack sehingga yang dilakukan Komunitas Hacker ini lebih bijak dan tidak merugikan orang lain.

Artikel Terkait Sinopsis Film HACKERS :