LMS Moodle Sebagai Media Pembelajan Elektronik (E-Learning)

Moodle adalah learning management system berbentuk website dan dibuat untuk kegiatan belajar mengajar secara online yang berbasis internet. Moodle cocok digunakan oleh tenaga pendidik dari SD sampai perguruan tinggi.

Moodle mempunyai kepanjangan, yaitu : Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment yang artinya adalah tempat belajar dinamis. Dengan menggunakan Moodle tenaga pendidik dapat mengelola kelas, mata pelajaran dan dapat berinteraksi (diskusi, membuat dan mengerjakan tugas, dll.) dengan peserta didik. Moodle merupakan LMS paling populer diantara program-program e-learning lainnya.

Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dougiamas pada tahun 2002 dan masih dikembangkan sampai sekarang selain itu Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source dibawah lisensi GNU.

Moodle dapat diinstall pada server yang memakai sistem operasi Windows maupun Linux dengan menggunakan Apache, PHP, dan bekerja pada banyak jenis database.

Kelebihan Moodle :
  1. Moodle dapat mengelola banyak kelas dan pelajaran.
  2. Tidak perlu membuat soal berulang-ulang, bisa memakai yang sudah pernah dibuat.
  3. Hasil realtime.
  4. Mempunyai sistem keamanan yang kuat.
  5. Instalasi mudah.
  6. Dapat berjalan multi platform.
  7. Paperless (ngirit kertas).
  8. Analisa hasil ujian (Misal : Soal yang sering dijawab salah, dll).
  9. Melatih peserta ujian untuk familiar dengan ujian online, apalagi sekarang ujian nasional SMP & SMA sudah diwajibkan dengan CBT.
  10. Soal dan jawaban diacak oleh Moodle, jadi peluang untuk peserta ujian melakukan tindak kecurangan bisa dikurangi.
  11. Auto save jawaban, ketika ujian berlangsung dan terjadi pemadaman listrik maka jawaban peserta ujian tidak akan hilang dan dapat dilanjutkan kembali setelah listrik menyala.
Selanjutnya Anda dapat mulai mengelola kelas, pelajaran Moodle dengan mengikuti tutorial saya disini. https://kaktheo.blogspot.com/search/label/Moodle

Sekian dan Terima kasih.



Artikel Terkait LMS Moodle Sebagai Media Pembelajan Elektronik (E-Learning) :