Notifikasi JIBAS Menggunakan Whatsapp (1)

Akhirnya setelah beberapa hari scripting, JIBAS ditempat saya bisa menggunakan Whatsapp. Dengan cara ini setidaknya saya bisa ngirit biaya SMS Rp. 400.000/bulan.

Saya tidak menghilangkan fitur notifikasi SMS, fitur tersebut saya padukan dengan Whatsapp. Jadi saya membuat script untuk mendeteksi apakah nomor tersebut terdaftar memakai Whatsapp atau tidak. Jika terdaftar maka script akan mengirim lewat Whatsapp jika tidak maka mengirim lewat SMS.

Sampai post ini diturunkan Whatsapp tidak memberikan akses API yang bisa dikelola seperti Telegram. Saya memutuskan untuk develop integrasi Whatsapp karena untuk kalangan tertentu Telegram sepi peminat.

Mungkin bagi beberapa orang akan mikir, kirim pesan lewat Whatsapp apa susahnya sih? Ya kalo kirim 1 atau 2 pesan sih enteng-enteng aja. Tapi kalau ratusan atau ribuan pesan dan setiap pesan mempunyai informasi yg berbeda-beda kira-kira bisa kebayang ribetnya kan? Oleh karena itu butuh script untuk meringankan kerja manusia.

Notifikasi JIBAS Menggunakan Whatsapp

Tulisan ini tidak membahas detail tiap perintah / script yang diperlukan untuk membuat fitur tersebut. Tulisan ini sekedar memberikan gambaran saja, bukan tutorial. Semoga informasi ini berguna dan sekali lagi mohon jangan bertanya detail cara membuatnya.

Sekian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Notifikasi JIBAS Menggunakan Whatsapp (1)"

  1. luar biasa mantab mas, bisa dibagi cara Notifikasi JIBAS Menggunakan Whatsapp ini mas? makasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya merubah banyak script dan menambah table database baru mas. Sy sampai lupa ngrubah dibagian mana saja.

      Sekarang sy baru mengintegrasikan kontak jibas supaya masuk ke google contact. Supaya 1 kali kerja 2 device bisa up to date.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel