Notifikasi JIBAS Menggunakan Whatsapp (2)

Melanjutkan tulisan saya disini, terhitung 2 April 2018 saya mematikan layanan SMS Gateway JIBAS. Karena script Whatsapp yang saya buat sudah selesai (script pengiriman Whatsapp realtime juga sudah selesai), selain lebih ngirit Rp. 400.000/bulan ada alasan lain yang akhirnya saya memutuskan untuk mengintegrasikan JIBAS dengan Whatsapp. 

Bermula dari komplain orang tua siswa yang menyatakan bahwa mereka tidak mendapat SMS notifikasi, sebenarnya dari sisi software JIBAS (web/dekstop) tidak ada masalah dan semuanya berjalan dengan baik. Saya menduga ini diakibatkan aturan provider dari himbauan kemenkominfo yang mengakibatkan SMS tempat kami tidak jalan. Jadi sistem SMS dari provider punya algoritma khusus, jika ditemukan pola SMS yang sama dan pengiriman dalam waktu berdekatan (semacam SMS "mama minta pulsa") maka akan diblokir.

Tapi ya sudahlah yang penting JIBAS & Whatsapp tempat kami sudah jalan. Sekian 


Comments

  1. bagus tuh, kayanya semua sekolah sangat membutuhkan, karena kami juga banyak dikomplain ortu, adn kalau dihitung biaya masuk dan pulang dengan 1500 siswa ada 3000 ribu sms setiap hari belum sms keuangan, jadi dengan watsapp sangat membantu karna hanya membutuhkan internet yang semua sekolah sudah punya dan lebih berfungsi. kalu boleh bagaimana skrip editornta

    ReplyDelete
  2. wah ini yang ditunggu, ternyata sudah bisa ya.. jika berkenan boleh dishare jamu nya :-)

    ReplyDelete

Post a Comment