JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID

Sesuai janji saya yang pernah saya tulis disini dan disini proyek JIBAS kantin dan deposit memakai RFID sudah selesai saya buat. JIBAS kantin dan deposit memanfaatkan fitur tabungan yang kemudian saya sesuaikan untuk kebutuhan sekolah saya dan disamping itu sebagai media untuk mempermudah transaksi, saya menambahkan / memakai kartu RFID yang dicatat ke dalam database karyawan maupun siswa. Kemudian saya juga mengaplikasikan fitur multisite Drupal untuk lebih mempermudah dalam mengelola akses JIBAS.

Berikut ini adalah tampilan untuk JIBAS deposit :

JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID

Cara kerja JIBAS deposit adalah bagian TU / petugas khusus bertugas untuk menerima uang dari siswa maupun karyawan kemudian melakukan topup sesuai nominal uang yang diberikan.

Berikut ini adalah tampilan untuk JIBAS kantin : 

JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID

Cara kerja JIBAS kantin adalah petugas kasir melakukan penarikan uang transaksi siswa atau karyawan sesuai nama kantin / tenant yang ada di sekolah.

Akan tetapi dengan cara ini tempat kami mendapatkan kendala dimana perbandingan petugas kasir yang ada dengan jumlah murid tidak sebanding apalagi ketika di jam istirahat pertama kondisi kantin sangat ramai. Jadi bisa dibayangkan betapa kemruyuknya anak-anak ketika antri di kasir.

Untuk menanggulangi hal tersebut saya membuat aplikasi Android dan iOS menggunakan Ionic Framework dimana aplikasi ini dapat dipakai untuk melakukan penarikan disetiap kantin / tenant, jadi proses transaksi pembayaran tidak terpusat di petugas kasir, tapi dapat dilakukan di masing-masing tenant. 

Ada yang cukup unik dengan mobile apps yang saya buat. Aplikasi tersebut dalam satu layar memiliki dua tampilan yang berbeda, mengapa? Alasannya adalah :
  1. Karena saya bukan lulusan mekatronika dan saya belum pernah / belum dapat kesempatan dan cukup waktu untuk membuat mesin sendiri, jadi saya hanya melakukan yang saya bisa yaitu memanfaatkan handphone Android / iOS kemudian membuat mobile apps.
  2. Ketika transaksi pembayaran terjadi maka asumsinya adalah siswa / karyawan dan petugas kasir / tenant saling berhadap-hadapan kemudian untuk tampilan siswa / karyawan saya tempatkan pada posisi bagian atas, kemudian kasir pada posisi bagian bawah. Jadi, siswa atau karyawan tinggal tap /meletakkan kartu di mesin RFID (bagian atas) kemudian kasir kantin atau tenant tinggal melakukan penarikan transaksi.
JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID

Tangkapan layar terakhir adalah contoh tampilan penarikan transaksi, ketika bagian kasir atau tenant memasukkan nominal transaksi di bagian total bayar maka di bagian nominal total bayar atas juga akan terisi sama sama seperti yang di input oleh petugas kasir atau tenant.

JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID

Masing-masing bagian deposit dan kantin hanya bisa mengelola bagiannya masing-masing, jadi bagian deposit tidak bisa tambah, rubah, hapus data kantin, begitu juga dengan bagian kantin tidak bisa tambah, rubah, hapus bagian deposit. 

Sebagai catatan semua notifikasi transaksi dari JIBAS deposit maupun JIBAS kantin dikirim menggunakan Whatsapp GW.

Tulisan ini tidak membahas detail tiap perintah / script yang diperlukan untuk membuat fitur tersebut. Tulisan ini sekedar memberikan gambaran saja, bukan tutorial. Semoga informasi ini berguna dan sekali lagi mohon jangan bertanya detail cara membuatnya.

Sekian sharing singkat dari saya, semoga dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan sekalian. Sekian dan terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "JIBAS Kantin dan Deposit Memakai RFID"

  1. berarti handphone juga yang harus support RFID yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Handphone yang support RFID lebih bagus, kalo nggak ya pake handphone yang support OTG kemudian dipasang RFID reader.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel