Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah JIBAS akademik Untuk Model Rapor Nilai

Tulisan ini saya buat hanya untuk catatan pribadi, semua modul yang sudah ada di JIBAS dapat berjalan dengan baik dan dapat dipakai akan tetapi perlu disesuaikan. Prinsip yang saya pakai adalah, semua modul yang ada pada JIBAS jika modul tersebut kami perlukan maka akan saya pakai, jika tidak perlu maka tidak akan dipakai dan jika ada yang kurang akan saya tambahkan. Semua (CMS, kode, dll) dapat diintegrasikan dengan JIBAS dengan syarat :
  1. Mau mempelajari sistem.
  2. Membandingkan perbedaan sistem.
  3. Membuat script / jembatan integrasi sistem tersebut.
Tahun ajaran 2017/2018 saya memutuskan untuk merubah beberapa bagian di JIBAS akademik, perubahan yang saya lakukan pun juga sangat banyak - total butuh sekitar 2 minggu untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah kami.

Format rapor yang ada di sekolah kami untuk masing-masing departemen berbeda-beda dan hal inilah yang menjadi masalah, kemudian saya ingin semua departemen di sekolah saya dapat mengolah nilai dengan menggunakan JIBAS akademik.

JIBAS akademik sendiri sebenarnya sudah ada format rapor bawaan dengan model K13 akan tetapi saya menilai ada beberapa kendala dari segi sistem jika memakai JIBAS akademik untuk sekolah kami. Berikut ini adalah beberapa kendala tersebut :
  1. Tidak adanya master template jenis ujian.
  2. Tidak adanya master template grading rapor.
  3. Tidak adanya fitur menambah mata pelajaran tambahan (ekstrakurikuler, CLC, dll) sesuai kebutuhan sekolah.
  4. KKM mata pelajaran di input oleh guru mapel.
  5. Input nilai tidak mendukung team teaching.
  6. Perlu adanya script otomatis membuat grading rapor, jenis ujian jika ada guru mapel baru (jadi tidak perlu input satu per satu lagi) untuk pelajaran reguler atau pelajaran tambahan, script otomatis ini mengambil dari point pertama dan kedua.
  7. Template komentar dibuat perlu dibuat filter untuk masing-masing guru.
Kendala diatas saya temukan setelah mempelajari sistem JIBAS akademik kemudian membandingkan kebutuhan di sekolah kami. Mengapa hal tersebut saya katakan sebagai kendala? Sistem JIBAS akademik diatas mempunyai keunggulan bahwa guru dapat mengolah kebutuhan mapelnya sendiri, termasuk pembobotan, grading rapor, menentukan KKM mapel sendiri dan hal ini sebenarnya sangat bagus akan tetapi sistem seperti ini tidak dapat berjalan di sekolah kami yang menuntut semua kontrol / kendali (penentuan KKM, jenis ujian, pembobotan, grading rapor) ada dibawah Administrator / manajer akademik. Kontrol dibawah kendali Administrator bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh guru (ada beberapa guru yang sudah sepuh, dan ada yang gaptek).

Kendala selanjutnya adalah ketika guru input nilai tidak dapat dibuat model team teaching, mengapa ini penting? Ada beberapa pelajaran yang diampu oleh 3-4 guru kemudian yang menjadi masalah adalah ketika guru akan menginput nilai ke dalam sistem, yang dikehendaki oleh sekolah kami adalah guru dapat bertanggung jawab dengan nilai masing-masing dengan cara menginput nilai sesuai porsinya kemudian sistem dapat menggabungkan nilai tersebut secara otomatis.

Semua daftar kendala tersebut sudah saya buat solusinya dengan merubah script php dan merubah alur sistem, merubah alur sistem yang seperti apa, berikut ini beberapa bagian yang saya rubah dan tambahkan.

Membuat master template jenis ujian, master template grading rapor yang dapat disesuaikan sewaktu-waktu dibawah kendali Administrator / manajer akademik.


Merubah JIBAS akademik Untuk Support Multi Model Rapor

Merubah JIBAS akademik Untuk Support Multi Model Rapor

Membuat jenis pengujian pelajaran tambahan, grading rapor pelajaran tambahan, pendataan guru pelajaran tambahan. Fitur ini perlu ditambahkan karena JIBAS belum ada fitur tersebut.

Merubah JIBAS akademik

Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru

Merubah supaya input nilai dapat diinput oleh banyak guru dalam 1 mapel kemudian menggabungkannya.


Merubah JIBAS akademik

Kemudian bagian rapor saya merubah sesuai departemen di sekolah kami dikarenakan rapor per departemen berbeda-beda.

Demikan sharing singkat dari saya. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Merubah JIBAS Akademik - JIBAS Info Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel